January 28, 2014

Apa Perbedaan Atrium dan ventrikel Jantung


Ada beberapa perbedaan utama antara serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). atrium Kiri dan kanan, bentuk jamak dari atrium, adalah ruang atas jantung, sedangkan ventrikel kiri dan kanan di bagian bawah jantung. Perbedaan mendasar lainnya adalah bahwa atrium menerima darah terdeoksigenasi dari pembuluh darah dan mengirimkannya ke ventrikel. Di ventrikel kemudian berkontraksi dan memompa darah kembali dari jantung ke aorta dan selanjutnya arteri.
Keempat bilik jantung terdiri dari atrium dan ventrikel. Atria terletak di bagian atas organ jantung dan rongga kecil. Ada satu atrium di setiap sisi jantung. Yang bersangkutan ruang bawah jantung adalah ventrikel. Ventrikel cenderung rongga besar dan juga terletak di sisi kanan dan kirinya jantung.
Fungsi Atrium Jantung Manusia
Atrium memiliki dinding yang relatif tipis, tetapi cukup tebal untuk melaksanakan fungsi mereka, yang berisi dan membawa darah. Atrium kanan menerima darah yang lama, yang oksigen telah didistribusikan ke jaringan tubuh dalam pertukaran untuk bahan limbah CO2 dan jaringan lainnya. Darah dari tubuh bagian atas disuplai dari vena cava superior, sedangkan vena cava inferior memasok serambi kanan dengan darah dari tubuh bagian bawah. Atrium kiri menerima darah tersaring, dimurnikan dari bagian paru melalui pembuluh darah paru.
Kemampuan untuk memompa darah perbedaan lain antara Atrium dan ventrikel. Ventrikel memiliki dinding tebal, yang membantu mereka berkontraksi, memompa darah dalam dan keluar dari jantung. Ventrikel kanan menerima darah terdeoksigenasi dari atrium kanan dan memompa ke dalam paru untuk pemurnian. Ventrikel kiri menerima bersih darah dari atrium kiri dan memompanya ke dalam aorta, yang adalah arteri terbesar di tubuh. Aorta kemudian membawa darah ke seluruh tubuh.
Perbedaan lain antara Atrium dan ventrikel adalah katup yang melekat pada mereka. Katup jantung berfungsi sebagai semacam segel, yang terbuka ketika darah dipompa dari satu daerah ke yang lain dan menutup untuk mencegah darah bocor ke belakang. Di katup trikuspid memisahkan serambi kanan dari ventrikel kanan, yang segel bila ventrikel kanan menerima darah mencegah percikan kembali ke ke atrium kanan. Di paru katup terbuka untuk memungkinkan ventrikel kanan untuk memompa darah ke arteri pulmonalis. Katup mitral atau bicuspid memisahkan atrium kiri dari ventrikel kiri. Terakhir, katup aorta berfungsi sebagai penghalang antara ventrikel kiri dan aorta.

0 comments:

Post a Comment