May 29, 2014

Secangkir Kopi Bisa Tajamkan Penglihatan

manfaat kopi Secangkir Kopi Bisa Tajamkan PenglihatanSecangkir Kopi Bisa Tajamkan Penglihatan
Berbagai penelitian menyebutkan, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kopi juga diketahui berguna dalam peroses pembakaran lemak untuk mencapai beart badan ideal.
Tak hanya itu, baru-baru ini sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum secangkir kopi setiap hari dapat menjaga mata dari kebutaan dan kerusakan dalam penglihatan yang disebabkan dari degenerasi retina.
Seperti dilansir Times of India, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya degenerasi retina, diantaranya, glukoma dan penuaan. Padahal, dalam retina tersimpan jutaan sel yang peka cahaya sel pendukung lainnya. Dari retina, informasi visual diterima dari lingkungan dan kemudian diatur.
Lantas bagaimana peran kopi dalam menjaga kesehatan mata? Peneliti menemukan kandungan asamchlorogenic dalam kopi. Senyawa ini terkandung sebanyak 7-9 persen dalam kopi mentah.
Asam chlorogenic adalah bentuk antioksidan yang sifatnya cukup kuat. Percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan, antioksidan tersebut mencegah retina mengalami stres oksidatif.
Chang Y. Lee selaku penulis studi mengatakan,” Kopi adalah salah satu minuman sehat di dunia dengan manfaat yang begitu besar, bahkan untuk kesehatan mata.”
Asam chlorogenic bekerja dengan cara mengurangi radikal bebas yang dapat menurunkan kemampuan sel retina dan menghambat fungsinya. Senyawa ini juga membantu meningkatkan suplai oksigen ke pembuluh darah yang terdapat di sekitar mata.
“Minimnya asupan oksigen di pembuluh darah mata dapat menurunkan fungsi penglihatan, sehingga mata mudah lelah dan berkurang ketajamannya,” tambah Chang. (dan)

0 comments:

Post a Comment