Abstrak : Pembelajaran matematika memiliki konsep yang abstrak, oleh sebab
itu guru dituntut untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami konsep
tersebut tanpa kesulitan. Hal yang perlu diperhatikan, adalah penggunaan media,
dan ketepatan penggunaan media karena berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Media perspektif 3 dimensi sangat membantu dalam memahami konsep bangun ruang
pada standar kompetensi merumuskan volume berbagai bangun ruang dan Kompetensi
Dasar menghitung volume kubus dan balok.
Tujuan penelitian adalah
untuk mendeskripsikan penggunaan media perspektif 3 dimensi bangun ruang kubus
dan balok di kelas VI SDN Setro
Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep bangun ruang
kubus dan balok.
Penelitian ini
menggunakan rancangan PTK. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dibagi menjadi
dua siklus empat kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Setro Kecamatan
Menganti Kabupaten Gresik.Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Setro Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik
yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 11 anak laki laki dan 13 anak perempuan.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media perspektif 3 dimensi sangat bermanfaat dalam membantu
hasil belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang kubus dan balok. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, instrumen
penelitian adalah soal-soal tes dan lembar pengamatan.
Sebagai saran penggunaan
media perspektif 3 dimensi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep
bangun ruang, selain itu penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk
penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar.
Kata Kunci : media
perspektif 3 dimensi, konsep bangun ruang, hasil belajar.
0 comments:
Post a Comment