November 13, 2013

Abstrak : Pembelajaran matematika memiliki konsep yang abstrak, oleh sebab itu guru dituntut untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami konsep tersebut tanpa kesulitan. Hal yang perlu diperhatikan, adalah penggunaan media, dan ketepatan penggunaan media karena berpengaruh pada hasil belajar siswa. Media perspektif 3 dimensi sangat membantu dalam memahami konsep bangun ruang pada standar kompetensi merumuskan volume berbagai bangun ruang dan Kompetensi Dasar menghitung volume kubus dan balok.
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media perspektif 3 dimensi bangun ruang kubus dan balok di kelas VI SDN Setro Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep bangun ruang kubus dan balok.
Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dibagi menjadi dua siklus empat kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Setro Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Setro Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 11 anak laki laki dan 13 anak perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media perspektif 3 dimensi sangat bermanfaat dalam membantu hasil belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang kubus dan balok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, instrumen penelitian adalah soal-soal tes dan lembar pengamatan.
Sebagai saran penggunaan media perspektif 3 dimensi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang, selain itu penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar.

Kata Kunci : media perspektif 3 dimensi, konsep bangun ruang, hasil belajar.










0 comments:

Post a Comment