December 18, 2013

Cara Membuat Sertifikat dengan Mail Merge MS Word 2007 dan MS Office 2007


Bila kita berada dalam sebuah kepengurusan organisasi atau kelompok, terkadang kita akan memberikan penghargaan atas prestasi anggota organisasi/ kelompok kita tersebut. Banyak cara untuk memberikan penghargaan, namun salah satunya bisa dilakukan dengan memberikan piagam/ sertifikat. Terkadang kita akan mendapat tugas dalam membuat sertifikat tersebut. Bila jumlah piagam/ sertifikat yang kita buat sedikit tentu saja kita tidak akan kerepotan, namun sebaliknya bila jumlahnya sangat banyak tentu sangat merepotkan. Dan hal tersebut tentunya akan menyita banyak waktu bila harus kita tulis satu per satu.
Nah, anda tidak perlu khawatir lagi. Sekarang perkembangan IPTEK sudah semakin maju, jadi banyak hal yang dapat membantu kita. Tentunya kita harus belajar hal-hal tersebut yang sifatnya akan memudahkan kita suatu saat nanti. Pada postingan ini kami akan berbagi sedikit pengetahuan penulis tentang cara membuat sertifikat dalam jumlah yang banyak. Cara tersebut sering disebut dengan Mailing.
Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:
Pertama, bukalah MS Office Word 2007. Kemudian buatlah master sertifikat seperti contoh di bawah ini.
 
Kedua, bukalah MS Office Excel 2007, kemudian buatlah database yang berisi data-data yang diperlukan untuk membuat piagam/sertifikat.
Ketiga, buka kembali MS Word klik Mailing kemudian Start Mail Merge lalu pilih Directory.
Keempat, pilih Select Recipient lalu klik Use Existing List. Kemudian carilah dimana anda telah menyimpan Database Data Peserta. Kemudian klik OK.
Kelima, kemudian klik Insert Merge Field lalu tempatkan sesuai daerah yang sesuai.
Keenam, setelah anda selesai langkah kelima keemudian klik Preview Result.
Untuk melihat data sertifikat yang lain anda dapat menuliskan angka kemudian menekan Enter atau meng klik tanda Next atau Previous. Bila anda ingin mencetak dapat anda lakukan dengan cara seperti biasanya saat mencetak dokumen di MS Word.
Demikian sedikit ulasan yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mohon maaf bila dalam tulisan ini ada kesalahan, mohon kritik dan sarannya. Terima kasih.
Salam Bangkit.

0 comments:

Post a Comment