October 7, 2013

Pandangan Para Ahli Tentang Belajar dan Ciri-ciri Belajar

Teman-teman sobat pendidikan pastinya sudah tau apa itu belajar,,,,, yah kaena postingan sebelumnya adalah artikel tentang Hakikat Belajar. nah, kali ini sobat pendidikan akan berbagi artikel tentang pandangan para ahli tentang  Belajar dan Ciri-ciri Belajar. selamat membaca,
pandangan para ahli tentang  Belajar dan Ciri-ciri Belajar

Menurut Djamarah (2002) belajar adalah perubahan tingkah laku. Ciri –ciri belajar tersebut adalah sebagai berikut :
1.Belajar adalah perubahan yang terjadi secara sadar.
2.Perubahan dalam belajar bersifat fungsional.
3.Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.
4.Perubahan dalam belajar tidak bersifat sementara.
5.Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah.
6.Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku.
Menurut aliran Humanis bahwa setiap orang menentukan sendiri tingkah lakunya. Orang bebas memilih sesuai dengan kebutuhannya. Tidak terikat pada lingkungan. Hal ini sesuai dengan Wasty Sumanto yang dikutip dari Darsono (2000) bahwa tujuan pendidikan adalah membantu masing-masing individu untuk mengenal dirinya sendiri sebagai manusia yang unik dan membantunya dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada pada diri masing-masing.
Menurut pandangan dan teori Konstruktivisme belajar merupakan proses aktif dari si subyek belajar untuk merekonstruksi makna, sesuatu entah tes, kegiatan dialog, pengalaman fisik dan lain-lain (Sardiman, 2006). Sedangkan menurut paul suparno dikutip oleh sardiman (2006) Belajar merupakan proses mengasimilasi dan menghubungkan dengan pengalaman atau bagian yang dipelajarinya dari pengertian yang dimiliki sehingga pengertiannya menjadi berkembang. Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa ciri atau prinsip dalam belajar yang dijelaskan sebagai berikut:
1.       Belajar mencari makna. Makna diciptakan siswa dari apa yang mereka lihat, dengar, rasakan, dan alami.
2.       Konstruksi makna adalah proses yang terus menerus.
3.       Belajar bukanlah kegiatan mengumpulkan fakta, tetapi merupakan pengembangan
4.       Pemikiran dengan membuat pengertian yang baru. Belajar bukanlah hasil perkembangan tetapi perkembangan itu sendiri.
5.       Hasil belajar dipengaruhi oleh pengalaman subyek belajar dengan dunia fisik dengan lingkungannya.
6.       Hasil belajar seseorang tergantung pada apa yang telah diketahui si subyek belajar, tujuan, motivasi yang mempengaruhi proses interaksi dengan bahan yang telah dipelajari.

Berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan di atas, maka proses mengajar bukanlah kegiatan memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi suatu kegiatan yang memungkinkan siswa merekonstruksi sendiri pengetahuannya dan menggunakan pengetahuan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru sangat dibutuhkan untuk membantu belajar siswa sebagai perwujudan perannya sebagai mediator dan fasilitator.

semoga bermanfaat.dinantikan kunjungan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment